Apapun Yang Tengah Kamu Hadapi, Percayalah Bahwa Allah SWT Akan Memberi Jalan Keluarnya, Bahkan Dengan Cara Yang Tak Pernah Kamu Bayangkan.

Senin, 03 September 2018

Cara Mengatasi Masalah Logout Simpatika Menghilang


Ruang Berbagi ilmu kali ini mau berbagi pengalaman tentang cara mengatasi permasalahan akun Simpatika online yang tidak muncul tombol LogOut dan akhirnya harus menutup paksa akun PTK simpatika untuk bisa keluar dari aplikasi online tersebut.
Apakah Simpatika itu?

Berikut yang dikutip dari situs resminya seputar SIMPATIKA
Pusat layanan PTK kemenag merupakan lanjutan dari program padamu negeri yang dirintis oleh Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015. Mulai 17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIM PTK Online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.
Melalui Layanan SIM PTK Online ini. Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi. Digitalisasi Portofolio PTK, Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PTK, dan beragam program lainnya.
Proses transaksi data pada Layanan SIM PTK Online Kemenag akan melibatkan secara berjenjang dari individu. Seperti PTK, Pimpinan Madrasah/Sekolah, Kantor Kemenag Kab/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga Unit-Unit Kerja Kemenag Pusat dengan terpadu.
Itulah seputar penjelasan tentang apa itu simpatika, yang dikutip dari sumber resmi melalui http://simpatika.kemenag.go.id/


Berikut permasalahan tentang cara mengatasi masalah akun PTK pada simpatika yang logout simpatika menghilang..

  • Gambar Pertama Menu Logout Menghilang


  • Gambar Kedua Menu Logout sudah Kembali



Pada awalnya biasa saya melakukan Log In dan berjalan dengan normal sampai bisa mencetak hasilnya. Masalah timbul ketika saya mau keluar dari aplikasi simpatika online tersebut untuk  bisa keluar dari akun PTK. Yang biasanya di pojok kanan atas ada tombol LogOut pas saya mau keluar akun hanya tombol mendaftar/login yang tampil. Tombol Logout tidak ditemukan sampai pusing kesana kemari mencarinya.
Terjadinya masalah ini saya menduga koneksi internet atau jaringan yang sedang lemot. yang kedua saya menduga aplikasi browser error. Coba ganti versi baru google chrome masih tetap gagal dan mencoba ganti aplikasi browser pakai firefox masih gagal juga. Dan akhirnya saya menyimpulkan server simpatika sedang gangguan.
Jeda 10 menit saya masih penasaran mau menemukan tombol tersebut masih belum ditemukan juga. Dan pada akhirnya saya mencoba cara sendiri. Untuk mengatasi permasalahan akun Simpatika tidak muncul tombol Logout . Yaitu dengan menambahkan tulisan Logout setelah tanda garis miring “/” seperti gambar diatas :
  • Menambahkan tulisan “ logout “ tanpa tanda kutif  setelah tanda garis miring “/” . Pada Alamat web yang sedang aktif Misal :
  1.     Asalnya : http://padamu.siap.web.id/login
  2.     Menjadi : http://padamu.siap.web.id/logout    
  • Terakhir silahkan Enter pada keyboar Laptop atau PC sobat
  • Selesai dan Allhamdulillah akhirnya berhasil sampai bisa keluar dari akun simpatika seperti biasa lagi
Sekian yang bisa saya sampaikan. Tentang cara mengatasi permasalahan pada akun Simpatika online menyangkut masalah  logout simpatika menghilang. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan membantu bagi para PTK atau para Operator Madrasah.


4 komentar: