EMIS Feeder
adalah aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat disinkronisasi dengan Server
Pendataan di Pusat.
Tujuannya adalah
mempermudah akses lembaga dalam pendataan EMIS. Dengan sistem pendataan melalui
Feeder ini, maka update data EMIS semakin lebih cepat, karena model pendataan
ini dilakukan melalui mekanisme pendataan secara offline tanpa bergantung
selalu akses internet, akses internet hanya diperlukan diawal dan di akhir pendataan
dalam rangka pengambilan dan pengiriman data ke server pusat.
Aplikasi feeder
dapat di download melalui website EMIS Dashboard
(http://emispendis.kemenag.go.id) pada menu Unduhan.
Aplikasi feeder
merupakan aplikasi berbasis web komputer lokal, dengan cara download dari EMIS
Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id). file dalam bentuk ZIP, perlu
diekstrak. hasilnya file exe bisa langsung dijalankan. Untuk pertama kali perlu
koneksi internet untuk login ke server emis pusat dan menarik data awal profil
lembaga dilanjutkan menarik data siswa, guru, tendik dan sarpras. setelah
mendapatkan data tersebut, koneksi bisa diputuskan selanjutnya bekerja (update)
untuk data-data lembaga, siswa, guru, tendik dan sarpras yang dilakukan secara
offline. Jika sudah selesai seluruhnya, maka data tersebut dikirim ke server
pusat melalui mekanisme sinkronisasi.
Prosedur
Pendataan AplikasiFeeder EMIS (AFE)
1. Daftar
Untuk menjalankan Aplikasi Feeder Madrasah. Proses yang pertama dilakukan adalah
memiliki Akun Operator EMIS. Jika sudah
mengikuti pendataan melalui aplikasi online sebelumnya, Anda bisa melakukan
Login Aplikasi.
2. Unduh Aplikasi
Setelah terdaftar, proses selanjutnya adalah mengunduh aplikasi feeder melalui
website EMIS Dashboard atau link ke unduhan aplikasi http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/dashboard/index.php?content=aplikasi
3. Login Aplikasi
Untuk login ke aplikasi yang pertama kali, pastikan perangkat yang akan dijalankan
program aplikasi pendataan terhubung dengan internet, untuk login yang pertama
kali perlu membutuhkan koneksi internet. Karena user Login menggunakan user
yang valid, data user disimpan di server dan diakses secara online. Sedangkan
untuk Login berikutnya tidak diperlukan koneksi ke Internet.
4. Ambil Data
Lampau/Sinkronisasi Data Awal
Sinkronisasi Data awal diperlukan untuk mengambil data pada pendataan periode
sebelumnya atau mengupdate data yang tersimpan di server. Karena pada saat
pertama kali, yang baru ditarik otomatis adalah Data Profil lembaga, sedangkan
komponen data lainnya, misalnya Siswa, Guru, Tendik dan Sarpras masih Nol (0).
Sehingga Perlu Ambil Data untuk Objek Data lainnya selain Lembaga.
5. Pendataan
Pada aplikasi Feeder Madrasah, urutan pendataan dimulai dari:
1) Manajemen data kelembagaan,
2) Manajemen data Siswa,
3) Manajemen data GTK (Guru dan Tendik),
4) Manajemen data Sarana dan Prasarana.
Proses pendataan ini bisa dilakukan secara offline atau tidak perlu koneksi
jaringan internet.
Manajemen data yang dimaksud adalah proses melengkapi, memperbaiki dan
update Kenaikan Kelas. Penambahan Data diperkenankan hanya untuk data yang
tidak ada dalam referensi, yaitu Siswa Baru Kelas 1 MI dan Siswa Umum.
Sedangkan Manajemen Data untuk Proses Mutasi Siswa/Guru, Penambahan dan
Hapus Data lainnya harus dilakukan secara online, dengan tujuan menjaga Data
Referensi.**
6. Sinkronisasi
Data Akhir
Setelah semua data sudah terinput kedalam aplikasi secara lengkap dan
benar, langkah selanjutnya dalah
sinkronisasi data ke server. Proses ini membutuhkan koneksi internet. Untuk
memeriksa Hasil Sinkronisasi ini bisa akses melalui Laman Monitoring Feeder http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/
7. Berita Acara
Pendataan (BAP)
Proses terakhir adalah unduh BAP, setelah semua objek pendataan secara
lengkap sudah dilakukan update dan valid. Maka BAP bisa diunduh melalui Laman
Monitoring Feeder.
Bagaimana Cara Menginstal EMIS Feeder?
1.
Pastikan PC anda terhubung
dengan internet, Karena saat
pertama kali install akan melakukan sinkronisasi data lama EMIS Madrasah secara Online.
2.
Download Aplikasi Feeder File
RAR/ZIP dengan besar file kurang
lebih 80 MB. dam PC harus terinstal aplikasi RAR/ZIP.
3.
aetelah terunduh file berupa rar atau zip klik
Kanan Aplikasi> Pilih Extrak Here.
4.
Untuk membuka perlu dengan
cara (Run As Administrator) Caranya
klik kanan aplikasi dan pilih Run as Administrator Tunggu sampai proses
installasinya selesai.
5.
Masukkan Username dan
Password EMIS Madrasah,
6.
Setelah itu sinkronisasi data lama di menu samping kiri.
7.
Selesai.
Semoga bermanfaat untuk teman-teman operator madrasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar